Sunday, May 3, 2015

Tilang di Jepang 2


Nagoya, 31 Desember 2013

Hari ini saya bener sial. 

Tempat ini adalah parkiran mobil saya setiap pagi ketika kerja paruh waktu (Arubaito) di salah satu Restoran di Nagoya. 

Kurang lebih 3 bulan saya selalu parkir disini tanpa di tilang. 

Namun hari ini nampaknya saya bernasib sial karna Mobil saya di tilang. Padahal di sekitarnya ada beberapa mobil lain namun kenapa mobil mereka tidak di tilang…

Hmmmmmm bingung. 

Sedikit sharing tentang metode tilang di Jepang, gambar disamping adalah surat tilang yang di tempel di depan kaca mobil saya. 

Tulisannya Kanji dan saya sama sekali tidak bisa membacanya. 

Di bagian bawah ada tulisan Bahasa Inggris yang kira-kira artinya saya harus membayar sejumlah uang atas illegal parking. 

Ilegal parking adalah salah satu pelanggaran lalu lintas yang masuk kategori tidak fatal alias pelanggaran ringan. 

Setelah mendapatkan surat tilang ini beberapa hari kemudian saya akan dikirimkan surat untuk membayaran pelanggaran tilang ini. 

Di tilang di Jepang menurut saya tidak nyesek di dada, karena prosedurnya sudah jelas dan uang denda masuk ke kas Negara. 

Namun berat banget mengeluarkan uang ke pemerintah jepang yang jumlahnya bisa buat beli sepatu baru Nike hihihihihihi.. yah namanya apes ambil hikmahnya saja. 

Tilang Illegal parking ini menurut saya paling ringan, kenapa? Karna saya tidak bertemu langsung dengan polisi yang melakukan tilang tersebut dan tidak dimintai SIM serta tidak dikurangi poin SIM. 

Di Jepang ada sistem pengurangan poin dalam SIM bagi pelanggar lalu lintas, semakin banyak poin yang diambil dari SIM kita, bisa menyebabkan SIM kita dicabut dan tidak boleh mengendarai kendaraan lagi. 

Untuuuung banget ga dikurangi poin apalagi sampai di cabut (ingat susahnya dapet SIM Jepang admin KDJ RGKdJ pasti tahu gimana susahnya hihihihihii).

Di Jepang ada musim-musim razia, yaitu:
1. Haru no Koutsuu Anzen Undo Kikan (Safety Drive Monitoring pada Musim Semi)
2. Aki no koutsuu Anzen Undo Kikan (Safety Drive Monitoring pada Musim Gugur)

Demikian sedikit sharing saya hari ini. 


Berhati-hatilah dalam berkendara.


Penulis adalah admin page KdJ
Rais - Nagoya