Tuesday, May 5, 2015

Kyoto International Manga Anime Fair 2014

Saya dan pelukis gambar saya

Event yang di adakan di Miyako Messe dan di Kyoto International Manga Museum pada tanggal 20 - 21 september 2014 kemarin adalah event Manga dan Anime terbesar di Wilayah Jepang bagian barat.

Event tersebut mulai di adakan pada tahun 2012 dan berhasil menarik pengunjung lokal dan warga asing hingga mencapai 31.800 orang pengunjung pada tahun sebelumnya.

Kemarin, saya dan teman-teman berkesempatan hadir di event tahun ini, event Manga & Anime pertama yang saya kunjungi setelah 2 tahun lebih tinggal di sini.

Maklum, biasanya tempat event di adakan jauh dari tempat tinggal saya dan Kyomaf ini event nya di Kyoto, dekat dari tempat tinggal saya.

Di acara kemarin, selain anime-anime terkenal seperti Attack on Titan, Detective Conan, One Piece dan yang lainnya, lebih banyak di tampilkan anime-anime lokal yang latar ceritanya di buat di daerah Kansai (Osaka, Kyoto, Shiga, Hyougo, Wakayama, Tottori, Tokushima) yang kebanyakan tidak saya kenal (entah saya yang kurang tahu banyak). hehe

Ada yang menarik, saat saya dan teman saya tiba di pintu keluar Kyoto Station, terlihat sebuah Stand yang mungkin di buka khusus untuk mempromosikan event pada hari itu.

Karena penasaran kami mendatangi stand tsb, salah satu penjaganya meminta kami mengisi formulir sejenis angket data dan ketertarikan pada Negara Jepang, setelah mengisi ternyata kami di beri souvenir, di situ juga ada beberapa orang mahasiswi yang sedang menggambar wajah pengunjung stand dengan versi anime, ternyata mereka membuatkan gambar dengan cuma-cuma (tidak menerapkan harga alias gratis), beruntung sekali saya dan teman saya mendapatkan kesempatan di buatkan gambar wajah versi anime oleh mereka, mahasiswi nya keren-keren lho, ramah dan juga baik, mereka kaget ketika mendengar saya dan teman saya bisa berbahasa jepang. selain mempromosikan anime lokal di Kansai ternyata para penjaga stand juga sedikit banyak menjelaskan tentang obyek wisata di Kansai juga, cara promosi pariwisata yang bagus untuk menarik banyak wisatawan ke sini.





Setelah itu kami lanjut ke acara di Miyako messe, ketika tiba di tempat acara kami di sambut oleh deretan antrian sangat panjang yang entah dimana ujungnya, kami sempat bingung karena belum mempunyai tiket sedangkan orang-orang yang mengantri di depan kami semuanya memegang tiket yang di beli di Lawson beberapa hari sebelumnya. 

Saya sempat berfikir akan masuk berapa jam lagi? melihat antrian dengan nomor seribu lebih sedangkan kami belum juga punya tiket apalagi masuk ke antrian.

Kami segera mencari tempat penjualan tiket, dengan wajah bingung bertanya apakah ini tempat penjualan tiket? sembari menunjukan kartu identitas kami di sini, oh iya, silahkan masuk..
jawab si penjual tiket ramah langsung menyuruh kami masuk ke gedung tempat acara tanpa membeli tiket.

Setengah tak percaya kami pun langsung masuk. ternyata memang benar seperti yang tertulis di pamflet dan di jelaskan petugas stand tadi, tiket yang di jual 1000¥ atau sekitar Rp.100.000,00 tidak berlaku untuk warga asing yang menunjukan paspor/identitas, tiket hanya untuk orang jepang sedangkan warga asing masuk dengan gratis tanpa harus mengantri berjajar dengan ribuan orang di depan gedung seperti yang kami lihat tadi. berbanding terbalik rasanya ketika beberapa waktu lalu sempat geger berita tentang pemungutan liar dengan jumlah relatif besar yang di minta oleh oknum pemerintahan di negara saya (indonesia) saat ada event jejepangan yang di adakan di Indonesia, sedangkan saya di sini yang notabene warga asing malah di berikan fasilitas gratis. :D

Oh iya, walaupun cosplay nya sedikit saya sempat foto bersama beberapa orang cosplayer cantik dan wangi lho, mereka semua ramah, senyum terus, sepanjang acara para pengunjung terus bergantian mengambil foto, gak kebayang cape nya urat bibir mereka karena tersenyum terus. lol





Kami juga mencoba belajar cara menggambar manga di salah satu stand yang ada di acara itu, selain pengalaman kami juga mendapat bingkisan souvenir, ada juga stand yang membagikan manga gratis. Semuanya menarik dan menyenangkan sekali! sayang sekali tahun depan saya tidak bisa hadir kembali. terimakasih telah membaca. :D


Shiga, 23 September 2014
Penulis adalah admin page KdJ
-Nia shiga-