Thursday, June 4, 2015

Hakone

Pemandangan Lake Ashi dari Ropeway
Hakone (箱根) adalah bagian dari Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu, berlokasi kurang lebih 100km dari Tokyo. Hakone terkenal dengan pemandian air panas (Onsen), keindahan alam dan pemandangan gunung Fuji membuat Hakone menjadi tempat liburan popular bagi turis lokal maupun mancanegara yang ingin rehat sejenak dari sibuknya kota Tokyo.

Saya ke Hakone waktu Golden Week kemarin, dan semuanya serba mendadak. Kita membuat rencana malam sebelum berangkat dan karena kita ada acara lain keesokan harinya, jadi saya hanya 1 day trip aja ke Hakone. Rasanya ga puaaas. Karena banyak banget tempat menarik di Hakone. Saran saya minimal 2 hari penuh kalau mau kesini, atau kalau kesini pas musim panas dan kalian suka trekking ke gunung, 3 hari waktu yang paling pas. Tapi kalau kalian cuma punya 1 hari seperti saya, mungkin bisa mengikuti itinerary saya yang lumayan mencakup tempat-tempat penting di Hakone.

Saya kesini dengan suami saya menggunakan mobil, tapi di artikel ini saya juga akan memberi informasi transportasi umum kok! Mohon maaf saya justru ga inget jalur mobil karena kami bergantung sama GPS mobil dan saya kerjaannya cuma nyanyi2 ga jelas (plus berusaha supaya ga ketiduran). Waktu tempuh dengan mobil dari Tokyo seharusnya adalah sekitar 2 jam (kalau gak macet). Tapi karena kami nyasar, kami butuh waktu 4 jam untuk sampai lhoooo.. (kok bangga?). Tol di Jepang sangat tricky, mungkin saya akan bahas di kesempatan lain.

Begitu sampai Hakone, tujuan pertama kami adalah Hakone Ropeway, dimana kami bisa menaiki ropeway (kereta gantung) untuk menuju Owakudani dan Lake Ashi. Kalau takut ketinggian alternatif nya bisa naik bus kok. Kami memarkir mobil di Stasiun Sounzan, yang juga merupakan stasiun untuk Hakone Tozan Cable Car (beda sama kereta gantung).

Untuk menaiki ropeway, kita harus membayar 2.410 yen untuk return ticket (St. Sounzan – Lake Ashi). Bisa juga beli one way kalau kamu mau naik bus pulangnya). Dan saya membeli “Hakone Sightseeing Cruise+Ropeway 1-day Pass” seharga 2.940 yen (989 yen untuk anak2). Tiket ini termasuk tiket PP menggunakan Ropeway dan tiket PP sightseeing tour menggunakan Pirate Ship (yang harga normalnya adalah 1.840 yen). Jadi kalau beli terpisah, kamu mesti membayar 4.250 yen. Lumayan bingit bedanya kan! Dengan tiket ini kamu juga mendapatkan diskon tiket masuk Hakone Gora Park, Narukawa Art Museum, dan Hakone Checkpoint. Tiket bisa dibeli langsung di Stasiun Sounzan.

Penampakan Limited Express Romance Car

Pemandangan di St. Sounzan

Stasiun Sounzan

Penampakan Ropeway

Pemandangan kawah dilihat dari Ropeway

Abaikan gambar orangnya :D

Wujud Ropway dilihat dari Owakudani

Di dalam Ropeway

Pemandangan dari restoran tempat kita makan siang di Owakudani

Dari stasiun Sounzan saya naik ropeway dan berhenti di pemberhentian pertama Stasiun Owakudani. Gak lama kok, cuma beberapa menit. Di Owakudani ini lah kamu bisa membeli telur hitam yang sensasional itu! Kenapa sensasional? Karena cangkang telur ini berwarna hitam akibat direndam di sumber air panas belerang di kawah gunung merapi, dan legenda mengatakan kalau kamu memakan telur ini, hidup kamu akan lebih panjang 7 tahun. Jadi kalau kamu makan 10 telur, kamu dapat tambahan umur 70 tahun! Kalau nenek saya yang makan, berarti beliau bisa sampe umur 140 tahun dong ya? Hahahah… Telur ini oleh-oleh paling laris disini. Kalau musim liburan, tengah hari aja bisa udah laku terjual. Hanya saja pada saat saya kesana, aktifitas gunung merapi sedang tinggi sehingga para pekerja tidak bisa merendam/mengambil telurnya karena jalurnya ditutup. Sediiiih... Ga bisa nambah umur 70 tahun. Tapi saya beruntung, karena hari saya pergi adalah hari terakhir dimana Hakone Ropeway beroperasi. Hingga saat ini (dan entah sampai kapan) HAKONE ROPEWAY TIDAK BEROPERASI karena aktivitas gunung merapi Hakone yang meningkat. Walau kamu ga bisa ke Owakudani Valley, kamu tetap bisa ke Lake Ashi dengan menggunakan bus kok!

Setelah foto-foto cantik dan makan siang di Owakudani, kami naik ropeway lagi untuk melanjutkan perjalanan ke Togendai (Lake Ashi). Kali ini waktu tempuh lebih lama, sekitar 20menit, dan melewati 1 stasiun lain yang saya lupa namanya. Setelah sampai, saya langsung menuju Pirate Ship karena waktu keberangkatan sebentar lagi (cek jadwalnya di website). Di dalam kapal saya membeli tiket kelas 1 seharga 750 yen PP (worthed banget!). Dengan tiket ini kamu bisa akses dek bagian depan dengan pemandangan yang lebih super, plus dijamin dapat tempat duduk di dalam kabin karena tiket ini terbatas. Kalau ga beli tiket, kamu cuma bisa akses dek bagian belakang, lebih padat, dan berebut tempat duduk. Tour ini cukup lama, 1 jam-an, dan percayalah, kamu bisa masuk angin kalau sepanjang perjalanan kamu berdiri di dek. Anginnya kencenggggg cinnnn…Saya yang tadinya pengen foto dengan bergaya bak Jack & Rose di Titanic, jadi lebih mirip Tessa Kaunang & Komeng di iklan motor anu.

Wujud pirate ship, cuma ada 2 dan bergantian berangkatnya

Tiket 1 day pass untuk ropeway+pirate ship dan tiket tambahan di kapal

Interior di kabin kelas 1

Setelah tour selesai, saya sempat jalan-jalan kesekitar Togendai sebentar, karena saya harus mengejar ropeway terakhir untuk kembali ke Sounzan. Togendai sendiri ada banyak resort/penginapan yang berarti banyak onsen juga, dengan banyak permainan air seperti kano, perahu bebek (yang romantis di awal dan betis gede di akhir), dll. Untuk kembali ke Sounzan tinggal duduk manis sampai pemberhentian terakhir. Kalau masih mau mampir ke Owakudani ya tinggal turun aja.

Karena hari mulai sore, dari Sounzan kami ingin mencoba salah satu onsen terkenal di Hakone yang kami baca reviewnya di website. Yunessun ini sendiri adalah kawasan Spa Resort, yang memiliki 2 area pemandian, yang satu Yunessun Water Park (dengan konsep kolam bermain dengan 25 jenis kolam), dan Mori no Yu (onsen tradisional). Di water park gender dicampur dan kamu harus pake baju renang, dan di onsen tradisional gender dipisah dan kamu harus benar2 telanjang. Jangan sampai kebalik ya!! Bisa ditangkep ntar.. Untuk Yunessun akan saya bahas di postingan tersendiri karena unik dan menarik.

Setelah puas bermain di Onsen hari sudah malam, jadi kami harus kembali ke Tokyo. Setelah seharian capek bermain, sungguh saya kasihan sama suami yang harus menyetir lagi. Tapi apa daya, karena saya gak punya SIM Jepang dan SIM A saya ga berlaku disini, saya ga bisa gantiin nyetir.

Sebenernya masih banyak tempat menarik di Hakone yang patut dikunjungi, misalnya Open Air Museum, Hakone Checkpoint, Gora Park, dan juga hiking di gunung Hakone yang mana kamu bisa lihat air terjun super cantik. Saya harus kembali lagi ke Hakone suatu hari nanti!

How to go there:

1. Kereta

• Limited Express “Romance Car” jalur Odakyu Stasiun Shinjuku –> Stasiun Hakone-Yumoto (2.080 yen / 85 menit)
  • Express jalur Odakyu Stasiun Shinjuku -> Stasiun Hakone-Yumoto (1.190 yen / 2 jam)
  • Shinkansen “Kodama” atau “Hikari” jalur JR Tokaido Shinkansen Stasiun Tokyo/Shinagawa -> Stasiun Odawara (3.500yen / 30 menit) * Gratis bagi turis pemegang JR Rail Pass.
  • Local/Rapid jalur JR Tokaido Main Line Stasiun Tokyo/Shimbashi/Shinagawa -> Stasiun Odawara (1.500 yen/70-90 menit) * Gratis bagi turis pemegang JR Rail Pass, JR East Pass, dan JR Kanto Area Pass.
  • Local/Rapid jalur JR Shonan Shinjuku Line Stasiun Ikebukuro/Shinjuku/Shibuya -> Stasiun Odawara (1.500 yen/70-90 menit)
Catatan:
 ・Kalau sudah sampai di Stasiun Odawara / Stasiun Hakone, untuk kemana2 bisa naik bus Hakone atau kereta jalur Tozan. Silahkan lihat gambar peta jalur.
・Untuk pulang ke Tokyo tinggal cari arah sebaliknya. Semua harga yang disebutkan harga sekali jalan ya.

2. Bus
Odakyu Highway Bus (2.000 yen / 2-2.5jam) Terminal Odakyu Highway Bus Shinjuku –> Stasiun Gotemba –> Hakone/Togendai
*Di stasiun Gotemba cuma berhenti sebentar, gak perlu ganti bus.

Tips hemat:

1. Hakone Free Pass (5.140 yen untuk 2 hari / 5.640 yen untuk 3 hari) Kalau kalian beli “Hakone Free Pass”, kalian mendapatkan keuntungan sebagai berikut:
  • 1x tiket PP Shinjuku-Hakone menggunakan jalur Odakyu (selain Romance Car)
  • Bebas menggunakan 8 jenis transportasi di Hakone (Hakone Tozan Train, Hakone Tozan Cable Car, Hakone Ropeway, Hakone Sightseeing Cruise, Hakone Tozan Bus, Odakyu Hakone Highway Bus, Numazu Tozan Tokai Bus, Hakone Tozan “Kanko Shisetsu-Meguri” Bus).
  • Diskon tiket masuk tempat-tempat atraksi di Hakone (museum, onsen, dll) Hakone Pass ini dapat di beli di stasiun jalur Odakyu mana saja. Keterangan lebih lengkap silahkan cek di http://www.odakyu.jp/english/deels/freepass/hakone/
2. Jenis pass yang lain adalah “Hakone Tozan Train & Cable Car 1-day Pass” (1.540 yen).
Dengan tiket ini kamu bisa naik kereta jalur Tozan dan cable car sesering yang kamu mau dalam 1 hari. Ekonomis menurut saya, karena kamu kemana2 harus naik kereta/bus, dan kalau beli satuan pasti lebih mahal. Contohnya, dari Stasiun Odawara (kalau kamu naik JR line) ke Sounzan kamu harus bayar 2.180 yen/PP.

Lebih murah kan jadinya? Tiket bisa dibeli di Stasiun Odawara, Stasiun Sounzan, dan Stasiun jalur Tozai mana saja.