Friday, June 12, 2015

English Adventure Camp in Japan

Safety first!
Walaupun hujan hiking tetap jalan
Hey hooo…

Kali ini saya mau berbagi info pekerjaan sambilan menarik nih bagi kalian yang berumur 18 tahun ke atas dan ingin merasakan pengalaman bekerja sambil bermain di Jepang...
Info ini gak cuma buat kalian yang sudah ada di Jepang saja, tetapi juga bagi kalian semua yang ada di Indonesia lho!!

Udara yang panas, sering hujan, mulai banyak nyamuk dan serangga, merupakan tanda-tanda summer sudah ada di ujung mata.
Musim panas ini salah satu yang ditunggu para pelajar di Jepang, apalagi kalau bukan karena ada libur musim panas yang sangaat panjang. Kegiatan yang paling menjadi favorit selama summer holiday adalah pergi ke pantai atau berkemah.

Nah… Bagi kalian yang tertarik untuk mengisi waktu senggang di bulan Juli-Agustus, mungkin kalian bisa mempertimbangkan menjadi camp staf di English Adventure Summer Camp!


Apaan sih itu?

Saat hiking

English Adventure (EA) adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh Dave Paddock, seorang warga Australia yang sudah lama menetap di Jepang.

Aktivitas utama perusahaan ini adalah menyelenggarakan camp/perkemahan untuk anak-anak sekolah di Jepang saat libur musim panas dan musim dingin.

Sebenarnya sudah banyak organisasi yang menawarkan English Camp, bahkan ada sekolah-sekolah yang juga mengadakan English Camp nya sendiri.

Yang membuat EA camp ini berbeda dengan English camp yang lain adalah staf nya 100% orang asing (atau orang Jepang yang tinggal di negara lain), di mana camp lain mungkin hanya menyediakan 1-2 orang native speaker dan sisanya orang Jepang yang “bisa” berbahasa Inggris.

Karena tahun lalu saya masih jadi ALT dan sekolah tempat saya mengajar libur, jadi saya mengambil kesempatan untuk menjadi salah satu staf di EA Summer Camp ini. Saya tahunya juga dari iklan lowongan di Gaijinpot (again..).

Selama 5 minggu dari akhir Juli-Agustus, saya berpetualang ke gunung Chichibu bersama ratusan anak-anak dan remaja Jepang. Tapi saya gak terus-terusan berada di gunung selama 5 minggu…

Dari Senin-Jumat kami berkemah, lalu setiap Sabtu kami kembali ke Tokyo dan hari Senin nya kembali lagi ke Chichibu dengan kelompok peserta yang berbeda. Oya, pilihan tempat camp nya gak Cuma di Chichibu saja, tetapi juga di Hakuba.

APA SAJA TUGASNYA?
Sebagai Group Leader, saya ditugaskan untuk menjadi “kakak kemah” bagi 1 kelompok, dan dari Senin-Jumat saya terus mendampingi kelompok tsb untuk menjalani berbagai macam aktivitas kemah. Selain bermain bersama, kita juga harus memastikan keamanan para peserta.

Field play session

SIAPA SAJA PESERTA CAMP NYA?
Anak-anak sekolah dari seluruh Jepang, dari kelas 1 SD sampai 3 SMP.
Mereka dibagi menjadi 3 kelompok umur: kelompok A (kelas 1 SD-2 SD), B (kelas 3 SD–4 SD), dan dan C (kelas 5 SD–3 SMP).
Saya sendiri memilih kelompok A dan B karena saya ga pede mendampingi sekelompok remaja. Badan saya kecil, takut ga bisa mengamankan mereka kalau ada apa2. Ada juga saya yang diamankan. Hahaha..
Salah satu kelompok yang saya dampingi

Japanese kids are soo cute and sweet


SIAPA SAJA YANG BISA MENJADI STAF?

  • Mereka yang sudah ada di Jepang dan memiliki visa yang memperbolehkan untuk bekerja. 
  • Mereka yang tinggal di luar Jepang tapi berminat untuk menjadi staf EA Camp (hanya sementara, jadi setelah acara kemah selesai mereka harus kembali ke negaranya.)


CARA MENDAFTAR
Silahkan cek persyaratan di web resmi mereka http://www.english-adventure.org/index.php?PageId=21, lalu daftar di form yang tersedia sesuai situasi kamu (A atau B). Kalau mereka tertarik, mereka akan menghubungi kamu untuk interview.

Pendapat saya tentang EA Summer Camp?
SERU BANGET! 
Dapatkah anda menemukan saya di gambar LOL

Kenapa seru?

  1. Saya bisa berkenalan dengan puluhan staf lainnya yang berasal dari berbagai negara, mulai dari Australia, Inggris, Amerika, Uzbekistan, Filipina, Italia, Jerman, dan juga orang Jepang yang sangat fasih Bahasa Inggrisnya. Mereka sangat seru dan supportif. Dan tentu saja pertemanan itu tidak berakhir saat acara kemah selesai. 
  2. Bisa bermain bersama ratusan anak-anak dan remaja yang selalu berganti tiap minggunya. Saat kamu menerima pelukan dari mereka di akhir minggu dan berkata bahwa mereka sangat menikmati acara ini, saya sangat bahagiaaa sekali… 
  3. Saya punya pengalaman berkemah dan mengerti seluk-beluk perkemahan dan permainan outbound 
  4. Saya bisa mengisi waktu liburan saya dengan mengunjungi tempat wisata baru, bermain sekaligus menghasilkan duit bokk…

Scavenger hunt, permainan mencari jejak

Bermain air di sungai setelah 4 jam hiking

Sesi api unggun dan makan marshmallow

Hiking di gunung Chichibu
Selama 5 minggu berturut-turut saya harus hiking selama 4 jam
Not my favorite part.. haha..


Oiya, selain Summer Camp, mereka juga mengadakan Winter Camp dan Spring Camp. Kalau Winter Camp hanya 1 minggu saja, biasanya akhir Desember sebelum hari Natal. Tempatnya di Hakuba yang terkenal dengan saljunya yang sangat lembut seperti busa.

Untuk tau lebih jelas mengenai kegiatan dan lain-lain, silahkan langsung cek ke website nya ya..
Good luck friends!!

Link;
http://www.english-adventure.org/index.php

Penulis
April•Saitama