Monday, April 13, 2015

Tukang parkir di Jepang

Coin parking meter
Sudah 1 tahun 3 bulan lamanya saya tinggal di Jepang, dan selama itu pula saya tidak pernah menemui ada tukang parkir di sini.

Jika ada beberapa ruas jalan tertentu di Jepang yang (agak) lebar, di salah satu sisinya difungsikan sebagai tempat parkir mobil sementara, biasanya di sampingnya disediakan coin parking meter.

Tapi kalau parkir di tempat coin parking meter biasanya hanya terbatas untuk 60 menit saja.

Kalau sudah lebih dari 60 menit dan mobil tetap parkir, maka lampu indikator di coin parking meter tersebut akan menyala kelap-kelip.

Jika sampai ketahuan Polisi atau Chuusakanshin (petugas berseragam hijau yang bertugas menilang mobil yang parkir sembarangan/melanggar peraturan parkir), maka pengemudi dari mobil tersebut akan dikenakan sangsi/tilang sebesar ± ¥15.000 - 18.000 (± Rp. 1.500.000 - 1.800.000)

Dari foto coin parking meter diatas bisa dilihat ada beberapa peraturan dalam memarkir mobil, diantaranya; hanya boleh memarkir kendaraan di tempat tersebut di jam-jam yang sudah di tentukan, ongkos parkir selama 60 menit adalah ¥300 dan membayarnya hanya bisa menggunakan uang koin ¥100.

Heeeeemmm...

Kalau begini ceritanya, tidak ada kesempatan jadi tukang parkir part time nih di sini...???


Penulis adalah admin page KdJ
 ~Widi Yokohama-Kanagawa~