Monday, April 13, 2015

Tips bermain snowboard di Jepang

Tips bermain snowboard dan ski

Sahabat KdJ ada yang pernah bermain snowboard atau ski? 

Atau yang berencana memainkannya dalam waktu dekat ini ?

Di Jepang saat ini sedang musim dingin dan tentu saja musim ini banyak dimanfaatkan bagi pecinta snowboarding atau skiing, baik dari wisatawan dalam negri maupun luar negeri.

Kebetulan saya berkesempatan untuk bermain snowboarding tempo hari yang lalu di kawasan Kawamoto-machi Ochi-gun, Shimane-ken. Tepatnya di Mizuho Highland.

Disini saya mau berbagi sedikit tips untuk sahabat KdJ yang saat ini berada di Jepang ataupun di Indonesia yang ingin bermain snowboard atau ski.


1. Sebelum bermain, pastikan semua keperluan alat hingga ke pakaian telah siap. Standarnya sih, papan snowboard atau ski, sepatu snowboard atau ski, pelindung mata seperti googles, pakaian hangat yang cukup, sarung tangan, dan pelindung kepala.

2. Jika sahabat kesulitan memperoleh salah satu atau beberapa diantaranya, biasanya di tempat wisata area ski banyak toko toko yang menyewakan semuanya. Dari pakaian lengkap, hingga peralatannya.

3. Sebelum bermain lakukan sedikit warming up atau stretching supaya badan tidak kaget saat bermain.

4. Sebaiknya tidak perlu membawa handphone atau dompet berisikan uang, atau benda lainnya yang tidak perlu selama bermain. Resikonya selain bisa jatuh ataupun hilang, handphone bisa saja hancur akibat kita sering jatuh selama bermain. Jika dirasa handphone penting untuk komunikasi, sebaiknya lapisi dengan kain yang agak tebal atau gunakan alat komunikasi lainnya seperti walkie-talkie atau sejenisnya.

5. Disarankan menggunakan sun block untuk mencegah badan terbakar akibat sinar matahari langsung. Dan jika diperlukan gunakan juga lip balm untuk melindungi bibir dari kekeringan akibat suhu yang dingin.

6. Ketika sudah bermain, sebaiknya hindari bermain sendirian. Sebaiknya jangan terlalu jauh dengan teman, tim atau orang lain karena jika terjadi sesuatu kamu tahu harus meminta bantuan pada siapa. 

7. Sadar dan pahamilah betul dengan kemampuan bermain diri sendiri. Tidak perlu merasa malu atau minder dengan teman atau tim yang sudah lebih pintar. Jika dirasa kemampuan kita masih kurang atau mungkin baru mencoba sekali atau beberapa kali bermain, sebaiknya pilih rute lereng gunung yang sudutnya tidak terlalu tajam.

8. Selama bermain patuhilah perintah dan tanda yang terdapat di pinggir rute. Jangan melewati rute yang di luar garis keamanan, karena jika terjadi sesuatu di luar sana, pihak rescuer atau penyelamat yang berpatroli pun tidak akan mengetahuinya.

9. Jalani etika dalam bermain. Etika di sini misalnya, Di tempat ski pastinya tidak hanya kamu saja yang bermain di sana kan? Banyak orang lain di depan kamu atau di bawah lereng yang terlebih dahulu melewati kamu kan? Kamu bisa melihat mereka dengan jelas tapi mereka tidak bisa melihat kamu yang berada di belakangnya. Oleh karena itu, sebaiknya kita sendiri yang harus menghindarinya jangan sampai menabrak mereka. 

10. Jangan suka berhenti di tengah tengah jalur ski apalagi tepat di bawah lereng dimana orang lain di belakangmu tidak bisa melihatmu, karena sangat sangat berbahaya.

OK, saya kira itu beberapa tips bermain snowboard atau ski dari saya. Jika ada tips lain yang ingin ditambahkan monggo silahkan.

Setelah membaca ini adakah dari sahabat KdJ yang ingin segera mencoba dan bermain snowboard atau ski? 



Penulis adalah admin page KdJ ~Aditya Ehime~