Monday, April 13, 2015

Ngosek WC di Jepang

Foto toilet di rumah lansia
sumber Google
Selamat pagi menjelang siang para sahabat KDJ.

Saat ini di Jepang sudah siang hari , saya baru saja pulang kerja setelah dinas malam.

Saya ingin berbagi cerita dengan sahabat KDJ yang berada di Indonesia. Saat melaksanakan jaga malam, ada salah satu kewajiban yang harus saya lakukan, yakni membersihkan WC atau toilet. Yang dalam bahasa Jepang disebut 便所(べんじょ/benjyo) atau yang lebih sering digunakan kosakata dari bahasa asing トイレ/toire.

Saat melakukan pekerjaan itu saya teringat, video yang sempat menggegerkan dunia maya di Indonesia, tentang TKW yang membanggakan pekerjaan dan gajinya. Yang terlintas adalah saat TKW mengatakan "ora ngosek WC" tidak membersihkan toilet.

Yahh saya memang bekerja membersihkan toilet, bukan hanya membersihkan toilet, namun hampir semua yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari manusia. Mulai dari bangun hingga tidur, mulai dari makan hingga "maaf" berak, mulai dari suka hingga duka. Saya bekerja sebagai Perawat lansia, atau dalam bahasa Inggris disebut caregiver atau careworker, yang dalam bahasa Jepang sering disebut 介護士(かいごし/kaigosi).

Yang bekerja merawat lansia atau orang cacat untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Beberapa bagian dari tugas saya memang bergelut dengan kotoran, baik kotoran sampah saat membersihkan ruangan maupun kotoran dari manusia saat membantu buang air besar. Termasuk juga membersihkan toilet. (Lain waktu saya ingin bercerita lebih banyak tentang pekerjaan saya).

Yahh mungkin, ada sebagian dari sahabat merasa bahwa pekerjaan ini adalah pekerjaan rendahan yang jorok atau kotor, namun saya melakukan pekerjaan ini dengan sadar atas pilihan saya sendiri. Bukan karna paksaan atau karena terpaksa, tp karena saya merasa disinilah rezeki saya.

Dan yang pasti ini bukan pekerjaan haram. Yang ingin saya sampaikan kepada sahabat semua, membersihkan toilet itu bukan pekerjaan hina.

Apalagi dijepang membersihkan toilet itu pekerjaan semua orang, baik itu pegawai bawahan sampai pegawai atasan. Apalagi dalam sebuah pabrik atau kantor, biasanya toilet dibersihkan secara bergiliran oleh semua karyawan.

Karna hampir tidak ada petugas kebersihan khusus (terkecuali tempat umum). Jadi hampir semua pekerja akan mendapat tugas membersihkan toilet. Dalam masyarakat Jepang sendiri, menganggap adanya トイレの神様(といれのかみさま/toirenokamisama) atau dewa toilet, yang berada di toilet, jadi kebersihan toilet harus selalu dijaga.

Bahkan dijaga agar tetap kering. Dan yang perlu dicatat toilet dijepang tidak seperti toilet di Indonesia apalagi toilet umum, jauh lebih bersih dibanding toilet umum diindonesia.

Dan yang perlu dicatat hampir tidak ada toilet umum yang bayar. (Ada beberapa toilet umum yang bayar salah satunya di Gunung fuji).

Jadi jangan mengira bahwa membersihkan toilet itu pekerjaan yang hina.

"Rumangsamu, ngosek WC ki hina?? Yoooo oraaaa"



Salam sahabat KDJ

Penulis adalah admin page KdJ -eCKoTokushima-