Monday, January 7, 2013

Universal Studio Japan (USJ)


24 Desember 2012 atau malam natal saya beserta keluarga Jepang saya pergi tamasya ke USJ (Universal Studio Japan) yang berada di Osaka. Karena tempat tinggal kami cukup jauh dari Osaka, kami berangkat pada jam 5 pagi, sampai di Osaka jam 9 pagi. Sebenarnya bisa ditempuh selama 3 jam, tapi dalam perjalanan kami sering berhenti untuk ke toilet (karena cuaca sangat dingin) dan Navi/GPS di mobil (sebagian besar mobil di Jepang sudah tertanam GPS) membuat kami tersesat sampai ke jalan tol menuju Hyogo. Alhasil kami putar balik keluar dari tol dan menuju Osaka. Ketika berada di jalan raya menuju USJ saya menemukan sesuatu yang menarik.



Pembatas jalan berbentuk bebek
sungguh pemandangan yang unik, lucu dan imut
Tepat jam 9 pagi kami tiba di USJ, karena hari libur banyak orang yang berdatangan ditambah lagi malam natal banyak pemuda-pemudi yang nge-date di USJ. Untuk sekedar informasi (terlepas dari segi agama), Natal bagi orang Jepang identik dengan nge-date dengan kekasih, hadiah dan makan ayam. Karena itu bagi orang Jepang yang jomblo, sangat membenci hari natal.

Pintu masuk USJ
Tiket masuk USJ
Harga tiket masuk ke USJ untuk orang dewasa 6400 yen/orang, untuk anak di bawah 4 tahun gratis. Bebas untuk naik wahana atau permainan apapun, berapa kalipun bebas asalkan mau menunggu antrian yang lumayan panjang.
Setahu saya dari Januari tahun 2013 ada kenaikan harga tiket, untuk lebih detailnya kunjungi Universal Studio Japan website.

Setelah pintu masuk
Hello Kitty konser di atas bis, sedang membawakan lagu Firework by Katy Perry

Dari sekian banyak wahana, karena antrian cukup panjang dan lama (tiap wahana rata-rata 1 jam menunggu) saya hanya sempat menaiki 3 wahana yaitu
Spiderman 3D
Mengenakan kacamata 3D, benar2 realistik dan membuat jantung berdebar-debar
Terutama pada bagian akhir yang kita jatuh dari atap gedung 90 derajat ke bumi
Karena takut saya memejamkan mata
Jurrasic Park
siap-siap basah kalau naik wahana ini, tapi saya membeli jas hujan plastik
di depan pintu masuk ada vending machine 400 yen/baju
Jet Coaster
Untuk naik ini tas, kamera, dompet, aksesoris dll harus dimasukkan ke dalam loker
Loker akan terbuka setelah memasukkan uang receh sebesar 100 yen
Boleh dibilang ini pertama kali saya naik Jet Coaster
Setelah naik ada 4 tombol yang jenis musik yang ingin didengar
Sayangnya saya telat pencet tombol, sehingga musik yang keluar bukan pilihan saya
Tapi asyik juga musiknya
benar2 menyenangkan
rasanya seperti superman terbang dengan kecepatan tinggi
Ingin naik lagi tapi karena harus menunggu anrian selama 1 jam saya urungkan
Menurut saya suasananya lebih asyik naik ini daripada Spiderman 3D
Banyak karakter Universal Studio, seperti Sesame Street, Hello Kitty, Spiderman dll dijual di toko oleh-oleh khas USJ. Suasana di dalam USJ pun benar-benar seperti kota yang ada di dalam film-film Hollywood.








Dari pagi hingga malam hari kami berada di dalam USJ, tentu saja karena Natal kami beli paha ayam sebesar 900 yen/paha untuk makan siang, tetapi bukan sembarang ayam, ternyata ayam turkey. Besar sekali, makan tidak pakai nasi sampai malampun tidak terasa lapar.

Dan malampun tiba, pohon natal pun waktunya untuk dinyalakan. Di dekat pohon natal ada beberapa grup vokal yang menyanyikan kidung natal. Benar-benar suasana yang sangat indah. 

Penyalaan pohon natal diiringin dengan kembang api
sumber Universal Studio Japan
Tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, benar-benar pohon natal yang terbesar dan terindah yang pernah saya lihat.

Mengingat perjalanan pulang cukup jauh, akhirnya tepat jam 8 malam kami pun pulang.
Gerbang USJ
Tepat di depan USJ ada HardRock Cafe
Karena sudah malam saya tidak menyempatkan diri untuk mampir