Sunday, January 13, 2013

Purikura

Kios Purikura
dengan poster Kyary Pamyu Pamyu
(sumber tumblr)
Purikura (プリクラ) adalah sebuah kios kecil foto studio yang berupa vending machine (mesin jual otomatis). Merupakan penyingkatan kata dari "Print Club" yang diterjemahkan dengan bahasa Inggris-nya Jepang sehingga menjadi purikura.
Banyak ditemukan di mall, terutama di area game center dan tentunya sebagian besar dari kalangan anak muda dan pelajar yang menggemarinya.

Pada waktu saya ke Surabaya bersama dengan istri saya, kami sempat mencoba purikura yang berada di kawasan Supermall Pakuwon Indah. Karena kebetulan kami jalan-jalan di situ, dan secara tidak sengaja melihat box purikura. Istri saya sangat penasaran dengan perbedaan purikura Indonesia dengan Jepang. Setelah mencobanya katanya beda jauh dengan yang di Jepang, tetapi karena saya pada waktu itu belum pernah mencoba purikura yang di Jepang, saya tidak tahu perbedaannya. Setelah di sini dan mencobanya, memang mesin purikura di Jepang hasil foto lebih bagus, canggih serta serba otomatis (tidak ada penjual hanya mesin saja).

Ada ratusan jenis mesin purikura di Jepang, ada yang bertemakan mickey mouse, starwars, bintang model, dan lain-lain. Menjadi 'booming" di kalangan gadis remaja di Jepang sehingga banyak dari mereka yang mempunyai album purikura sendiri dan setiap kali pergi jalan-jalan bersama teman-teman mereka di mall hampir selalu mampir di kios purikura.

Memilih menu&style
(sumber tumblr)
Menurut pengalaman saya, untuk memulai purikura dibutuhkan uang receh 400 yen yang dimasukkan kedalam mesin. Setelah itu bisa memilih menu dan style sesuai selera, kemudian tinggal action alias bergaya di depan kamera. Saran saya setelah pose sudah bagus di layar, dengar aba-aba dan lihat kamera. Selalu dengar aba-aba, dan usahakan jangan bergerak, supaya hasilnya maksimal.

Editing foto
(sumber tumblr)
Setelah selesai berfoto ria, suara akan muncul dari mesin, yang menganjurkan kita untuk menuju ke bilik sebelah untuk proses editing foto alias coret menyoret. Biasanya menggunakan alat seperti pulpen untuk memilih latar belakang, menulis sesuka kita, dan juga bisa menambahkan stempel yang terdapat di menu pilihan. Hal ini bisa dilakukan dengan 2 orang. Karena waktu dibatasi sebaiknya dilakukan dengan cepat, kalau waktu habis maka hasilnya tanpa ada coretan (editan) dari kita.

Hasil foto Purikura
(sumber tumblr)
Hasilnya memang sangat bagus, mata yang sipit bisa kelihatan lebar, kulit kelihatan mulus, jerawat hilang, bahkan ada beberapa jenis mesin purikura yang bisa membuat kaki tampak lebih panjang dan indah seperti bintang model terkenal. Tak heran kalau purikura ini digandrungi oleh banyak gadis remaja di Jepang.

Ambil hasil foto
(sumber tumblr)
Setelah selesai proses coret menyoret, tinggal tunggu saja hasil printeran foto di depan mesin bilik purikura. Hasil foto bisa dikirim langsung ke email handphone kita yang terbatas untuk operator telepon seluler Jepang saja (Docomo, Softbank, AU), tinggal ketik aja email kita di monitor tempat pengambilan foto, selang beberapa waktu kemudian akan kita terima langsung di handphone kita.

Inilah pengalaman saya tentang purikura di Jepang, semoga bermanfaat.
Bagi yang ingin melihat hasil foto purikura di Jepang bisa cari di google dan tumblr.

Penulis dan istri