Wednesday, May 27, 2015

Peraturan nonton konser di Jepang

One OK ROCK
in Japan No Smartphone, Tab or Camera
Outside Japan What the Hell Smartphone everywhere

Summer is come, yah karena lagi musim panas banyak sekali festival musik atau konser di Jepang. Mulai dari Summer Sonic, Fuji Rock, belum lagi solo konser band atau penyanyi.
Kali ini saya akan membahas tentang nonton konser di Jepang.

Barang yang wajib dibawa 
  1. Baju ganti, ketika konser telah selesai ada waktunya baju kita basah karena keringat. Apalagi kalau konser musiknya bergenre rock dan all standing.
  2. Handuk, untuk mengusap keringat. Tidak perlu kuatir biasanya ada yang jual handuk khusus merchandise band di tempat konser.
  3. Uang receh, untuk beli minum.

Saran
  1. Pakai sepatu jangan sandal, supaya kalau lompat lompat kaki tidak terinjak orang sebelah.
  2. Jangan memakai aksesoris yang berlebihan.
  3. Jangan membawa tas besar yang tidak perlu karena dapat mengganggu orang lain. Lebih baik dititipkan atau masukkan di koin loker.




Manner 
  1. Smartphone wajib di silence mode.
  2. Dilarang bawa kamera dan mengambil gambar atau video di dalam ruangan saat konser berlangsung. Untuk band dari luar Jepang biasanya hanya diperbolehkan untuk mengambil gambar dari Smartphone. Hati-hati kalau melanggar yang satu ini, anda bisa diusir keluar dari tempat konser.
  3. Untuk wanita yang berambut panjang, lebih baik rambutnya di kuncir supaya tidak mengganggu orang di sebelah karena terpaan rambut anda.
  4. Jangan melakukan chikan saat konser berlangsung.
  5. Jangan memakai topi besar atau sesuatu di kepala yang dapat menghalangi pandangan orang di belakang.
Ada alasan tertentu mengapa bila artis Jepang konser terutama di Jepang tidak diperbolehkan mengambil foto atau video saat konser berlangsung, yaitu agar setiap orang yang datang ke konser dapat menikmati dan bersenang-senang secara totalitas sampai puas.