Sunday, April 5, 2015

Tips Backpackers di Jepang

Backpackers ke Tokyo
Pasti banyak teman-teman KdJ yang pengen jalan-jalan ke jepang tapi kepentok masalah biaya dan berpikir kalau mau jalan-jalan ke jepang itu butuh biaya yang mahal. Nah sekarang saya mau coba kasih tips nih buat teman-teman yang punya rencana mau jalan-jalan jadi backpacker ke Jepang dengan modal seminimalis mungkin.

1. Tentukan tempat tujuan
Nah ini yang paling utama kita harus tentuin kemana tempat tujuan kita selama di Jepang supaya kita tidak bingung harus kemana, cari info tempat wisata disana bisa melalui google atau teman yang ada di jepang.

2. Pilih musim yang tepat
Jepang kan terdiri dari 4 musim, saya saranin pilih musim semi (bisa lihat sakura) atau musim gugur (bisa lihat koyou). Kalau musim dingin dan musim panas di Jepang cuacanya ekstreme. Musim panas bisa mencapai 40 derajat celcius. Kalau musim dingin bisa sampai 0 sampai -15 derajat celcius, tapi ada salju dan bisa main snowboard.

3. Pesan tiket pesawat jauh-jauh hari
Pesan tiket 2 atau 3 bulan sebelum berangkat. Karena memang sistem penerbangan sendiri untuk harga per seat itu di batasin. Jadi siapa yang dapet tiket duluan itu dapet harga yang paling murah lebih dulu. Tapi kalau memang berencana turun di tokyo atau osaka saya saranin Air Asia deh. Pengalaman saya naik Air Asia cuma sekitar 5 juta rupiah untuk tiket PP. Kalau beruntung kalian juga bisa dapet harga yang sama bahkan bisa dapet harga promo.

4.Tempat tinggal
Ada beberapa pilihan tempat tinggal di Jepang. Tapi kalau kamu ke Tokyo, Osaka atau Nagoya. Cari tempat penginapan yang jauh dari pusat keramaian/pusat kota. Untuk yang ingin ke tokyo cari penginapan di daerah Asakusa atau Ueno. Ada lagi pilihan untuk tinggal di capsule hotel. Atau mau yang gratis numpang nginep di apartemen teman yang tinggal di Jepang.

5.Makan dan minum
Untuk makan dan minum sebisa mungkin hindari makan di restoran di jepang. Cari Mc.donald dengan harga antara ¥500 - ¥700 per porsi. Ada juga paket item2 seharga ¥100 di Mc.donald. Atau beli makanan di konbini seperti Lawson, 7eleven, Mini Stop dll. Bisa dapet makanan seharga ¥500 kebawah dengan nasi, daging dan sayur. Bisa juga di Yoshinoya, Matsuya atau Sukiya. Untuk minum nya bisa beli di supermarket (jauh lebih murah daripada di Vending Machine) atau beli air mineral ukuran 2 liter bisa di isi ulang di keran khusus air minum yang ada di taman dan taman bermain di seluruh jepang, dijamin bersih.

6.Transportasi
Nah kalo ini ada banyak sarana yang bisa kita dapat di Jepang. Ada subway ada juga bis. Keduanya terbilang cukup terjangkau. Tapi kalau mau berpergian jauh pergunakan bis malam. Harga jauh lebih murah di banding naik Shinkansen.
Yang paling murah sebelum ke Jepang beli tiket JR Pass. Dengan membeli JR Pass di Indonesia, tidak perlu membeli tiket kereta lagi selama menggunakan kereta dari Japan Railway. Istilahnya naik kereta dengan biaya sama tapi bebas kemana saja.

7.Tempat tujuan
Di Jepang banyak banget tempat tujuan wisata terutama kota wisata seperti Tokyo, Kyoto, Osaka, Nara, Yokohama, Hiroshima, Kamakura, Himeji, Hakone, Nagoya, Kobe, Nikko, Miyajima, Fuji. Kalau emang budget minim. Saya saranin wisata ke istana yang ada di jepang. Tiket masuknya cuma sekitar ¥400 - ¥700 dan di istana itu isinya museum tentang sejarah Jepang. 

8.Souvenir
Nah kalo untuk yang 1 ini saya saranin untuk beli souvenir di toko hyaku-en disana semua harga di patok ¥100 yen per item (belum termasuk pajak). Atau pilihan lain nya di toko recycle. Bisa dapat barang dengan harga miring. Atau kalau ada uang lebih bila di Tokyo bisa ke Asakusa. Dan bila ke Kyoto bisa ke Kawaramachi-dori untuk beli souvenir.

Semoga tips diatas bermanfaat bagi backpackers