Tuesday, June 9, 2015

Fuji Shibazakura Festival


Hey hooo!

Biar semangat di Selasa yang mendung ini, mari kitaa ngobrol soal jalan2.

Kali ini saya ingin membahas mengenai Fuji Shibazakura Festival yang saya datangi musim sakura lalu.

Festival tahunan ini diselenggarakan pada bulan April-Mei selama kurang lebih 5 minggu. Jadwal tiap tahun berubah2 mengikuti situasi perkembangan bunga.

Shibazakura sendiri dalam Bahasa Jepang secara harafiah memiliki arti shiba (rumput) zakura (sakura) yang jika digabungkan kira2 bermakna “sakura yang tumbuh menyerupai rumput”, karena bunga ini tumbuh menjalar menutupi tanah seperti rumput.


Shibazakura memiliki bermacam-macam jenis dan warna seperti merah, pink, putih, atau ungu.
Dengan hanya membayar 520 yen kita bisa melihat 800.000 bunga Shibazakura sekaligus menikmati pemandangan gunung Fuji yang sangat cantik.

Spot foto terpopuler disini adalah “Mini Shibazakura Fuji”, yaitu gundukan tanah yang ditumbuhi bunga yang dibuat menyerupai gunung Fuji, dan dibelakangnya kita bisa melihat pemandangan gunung Fuji yang asli.

Sehingga kalau difoto akan terlihat gunung Fuji berdampingan dengan “gunung bunga Fuji.” Cantik lah pokoknya!

Selain spot tersebut, masih banyak tempat-tempat menarik lainnya, seperti Panorama Plaza (sejenis observatory deck dimana kita bisa melihat Shibazakura dari ketinggian), danau yang sangat cantik, kebun bunga, bunga, bunga, bunga, daaan bunga.

Ini dia mini shibazakura fuji
Kalau ga ketutupan awan, pemandangan ini beribu-ribu kali lebih cantik





Banyak banget kembangnya!

Kalau beruntung mungkin kamu juga bisa menemukan “kembang desa”. Hahaha..


Ngemil cantik
Selama periode berlangsung disini juga banyak kedai-kedai makanan dimana kamu bisa menikmati cemilan ataupun makan siang.

Ada juga toko souvenir kalau kamu ingin membeli oleh-oleh untuk saya. (kaliii aja gituuu..) Jadii kalau kamu ingin menikmati pengalaman menikmati bunga sakura yang berbeda, datanglah kesini.

Tips dari saya, datang kesana 1-2 minggu setelah event dibuka, tunggu sampai bunga nya mekar semua. Karena pas saya datang sayangnya belum mekar sempurna, walaupun tetap saja cantik memukau.

Website resmi Shibazakura selalu meng-update perkembangan bunga setiap mingunya, jadi sering-sering cek sebelum pergi kesana.

Tiket masuk

Pintu masuk menuju kebun bunga
Sayang waktu itu berawan, jadi tidak terlihat jelas gunung Fuji nya

Akses kesana paling nyaman memang menggunakan mobil, karena lebih cepat (sekitar 1 jam 25 menit). Tapi tentu bisa juga dengan kereta (2jam-an) ataupun bus (2.5 jam-an).

Mungkin menggunakan bus lebih mudah, karena selama periode festival ini berlangsung, mereka menyediakan bus yang langsung menuju tempat festival dari Shinjuku.
Nama bus ini adalah Chuo Highway tujuan Fuji Shibazakura.

Kalau naik kereta, naiklah kereta apapun yang menuju Lake Kawaguchi, lalu dari stasiun Kawaguchiko ganti kereta dengan Shibazakura Liner, yang juga hanya beroperasi selama periode berlangsung.

Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di screencap akses transportasi.



Akses menggunakan mobil

Akses menggunakan kereta
Harap diperhatikan tidak semua kereta beroperasi tiap hari ya

Akses menggunakan bus


Alamat:
Fuji Motosuko Resort 212 Motosu, Fujikawaguchiko, Minamitsuru Yamanashi
(masukkan keyword “Fuji Motosuko Resort” atau “Motosu Highland” saat mencari di google maps atau GPS mobil)

Referensi: http://www.shibazakura.jp/eng/ 


Penulis
April•Saitama