Monday, August 17, 2015

Summer Sonic Osaka 2015

Summer Sonic Osaka Sabtu, 15 Agustus 2015

Berangkat menggunakan mobil dan parkir di pulau buatan "yume shima" dengan biaya 3500 yen dan 1 day ticket Summer Sonic 13.000 yen. Tiket parkir dan 1 day ticket saya beli secara online.

Perlu diketahui, tempat penyelenggaraan Summer Sonic "Mai shima" merupakan pulau buatan manusia (seperti halnya Kansai International Airport).

Lokasi penyelenggaraan Summer Sonic sangat dekat dengan Universal Studio Japan, dari sakura jima eki disediakan Shuttle Bus berbayar.
Karena saya menggunakan mobil, dari tempat parkir "yume shima" ke "mai shima" disediakan Shuttle bus gratis.

Target saya ke Summer Sonic hanya menonton 3 band/penyanyi saja, yaitu Golden Bomba, My First Story dan Carly Rae Jepsen saja. Waktu selebihnya saya gunakan untuk membeli merchandise dan makanan, minuman dan souvenir. Karena Summer Sonic itu hampir sama dengan omatsuri, banyak sekali yang jualan makanan dan minuman, serta banyak juga orang yang bawa perlengkapan camping.

Masuk ke area Summer Sonic, tiket yang saya beli ditukar dengan gelang sebagai ganti tiket untuk masuk ke berbagai panggung di Summer Sonic.

Pintu masuk untuk menukar tiket dengan gelang

Staff membantu memasang gelang

Staff memberikan kantong plastik untuk sampah

Gelang dan handbook Summer Sonic saya

GOLDEN BOMBA

GOLDEN BOMBA
Setelah mengantri membeli kaos Summer Sonic, saya langsung menuju ke Ocean Stage untuk menonton show pertama yaitu GOLDEN BOMBA.

Personil Golden Bomba masuk panggung dengan menggunakan Roller Skate, dan ketika lagu sudah dimulai sang vokalis masih sibuk melepas Roller Skatenya.

Perlu diketahui, Golden Bomba merupakan "air band" jadi mereka tidak LIVE main musik, melainkan melakukan pertunjukkan yang bisa dibilang komedi di atas stage.

Jadi banyak hal konyol dan ancurrr terjadi, seperti drummernya bawa toilet sendiri dan akting buang air besar, dan gitarisnya makan semangka dengan cepat.

Bisa dibilang yah, aksi panggung yang konyol dan ancur.. :D

Mungkin bagi orang asing Golden Bomba tidak seberapa dikenal, tapi bagi orang Jepang cukup banyak juga yang menyukai grup air band ini.

Antrian menuju ke Ocean Stage
Golden Bomba fans







MY FIRST STORY


Setelah menonton Golden Bomba, saya langsung menuju ke Sonic Stage yang berada di dalam ruangan (arena) untuk menonton My First Story.

Karena waktunya hanya jeda 30 menit dengan Golden Bomba, saya tiba dan memilih untuk duduk di tribun. Sebenarnya sih, saya hanya penasaran dengan vokalisnya. Bagi penggemar ONE OK ROCK pasti tahu deh, kalau vokalis band dari My First Story adalah adik kandung dari Taka vokalis One Ok Rock.

Setelah melihat My First Story, saya bisa membandingkannya dengan One OK Rock.

  1. My First Story musiknya lebih keras (rock) mungkin bisa dikategorikan ke Hard Rock daripada One OK Rock.
  2. Hiro (vokalis My First Story) suaranya lebih tinggi daripada sang kakak Taka (vokalist One OK Rock).
  3. Cara Hiro menyanyi, cara bicara dan membawa suasana sama persis dengan Taka.
  4. Karya OOR masih lebih bagus dan komersial dibanding dengan karya MFS yang lebih ngerock.
Karena lagu-lagunya banyak yang tidak saya ketahui, jadi saya hanya jadi pendengar pasif saja. hehe..






Setelah menonton My First Story, karena ada jeda sekitar 3 jam dengan show yang saya tunggu (Carly Rae Jepsen), saya membuang waktu dengan menikmati makanan, minuman dan sekedar lihat-lihat dan jalan-jalan di sekitar area Summer Sonic.


CARLY RAE JEPSEN

Akhirnya konser yang saya tunggu-tunggupun tiba, sayapun meuju ke Mountain Stage untuk menonton Carly Rae Jepsen. Selama saya menonton konser di Jepang, baru di Summer Sonic ini saya bisa cukup dekat dengan panggung. Mungkin karena festival dan ada 4 panggung di Summer Sonic, sehingga orang tidak terfokus dalam 1 panggung saja.

Dan keluarlah Carly Rae Jepsen, bagi saya diantara Golden Bomba, dan My First Story, Carly Rae Jepsen-lah yang bisa membuat hati saya senang. Ya, karena saya tahu lagu-lagunya.. hahaha

Lagu Call me maybe, Good time, I really like you, Emotion dan lain-lain dinyanyikan olehnya.

Karena lagu-lagunya banyak yang pop jadi para fans lebih cenderung bernyanyi bersama dan tidak lompat atau dorong sana-sini seperti di konser musik yang bertema Rock. Hanya saja pada waktu Carly turun panggung dan mendekati penonton, semua penonton terdorong merapat mendekati panggung.


Foto yang saya ambil




Di antara 3 artis yang saya lihat, Carly Rae Jepsen-lah yang paling banyak penontonnya. Setelah selesai pertunjukkan saya pun mengakhiri petualangan saya di Summer Sonic Osaka 2015 tahun ini.

See you next summer, maybe......


Sumber foto:
http://www.summersonic.net/15/livereport/index02.php