Saturday, February 9, 2013

Gyuudon

Gyuudon 牛丼
Kalau ditanya orang Jepang, makanan Jepang apa yang saya sukai? Pada awal saya datang ke Jepang jawaban saya Sukiyaki. Tetapi setelah makan gyuudon, jawaban saya berubah menjadi Gyuudon.

牛丼(gyuudon) yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia secara langsung berarti, gyuu (sapi) don (mangkok) kalau digabungkan menjadi mangkok sapi. Lucu juga bukan.

Pertama kali saya makan gyuudon bukan di restoran, bukan juga buatan istri. Melainkan beli gyuudon instant di supermarket berupa sachetan (seperti indomie), sehingga bisa dimakan sewaktu-waktu bila perut lapar. Hanya tinggal masukkan ke dalam microwave, setelah beberapa menit pun bisa langsung dilahap.

Setelah gyuudon instant habis, istri saya membuatkan gyuudon untuk saya. Yang ternyata sangat mudah sekali membuatnya. Dan tentu saja rasanya jauh lebih enak dari yang instant (kalau bilang tidak enak, tidak dibuatin lagi soalnya. hehehe..)

Saya akan membagikan resep gyuudon yang saya terima dari istri saya, kepada pembaca setia blog KdJ.


Resep Gyuudon

Bahan Gyuudon :
  • Daging sapi
  • Bawang bombay
  • Shouyu (kecap asin jepang), bisa dibeli di supermarket Papaya yang ada di Indonesia.
  • Gula
  • Merica
  • Air
  • Nasi
Cara membuat :
  • Potong daging sapi, menjadi lembaran besarnya sesuai selera
  • Bawang bombay dikupas dan dipotong membentuk irisan segi empat.
  • Panaskan wajan yang telah diisi minyak secukupnya, setelah panas masukkan bawang bombay dan tumis sampai warna berubah menjadi kecoklatan.
  • Setelah itu masukkan daging sapi dan tumis sampai berwarna kecoklatan.
  • Masukkan merica, souyu, dan gula secukupnya.
  • Masukkan sedikit air, setelah mendidih coba cicipi rasanya.
  • Bila ada yang kurang bisa masukkan gula, souyu atau merica sesuai selera.
  • Siapkan nasi, taruh nasi di mangkok, kemudian tuangkan Gyuudon di atas nasi.

Sebagai penyedap, diatasnya sering ditambahkan benishoga (asinan jahe), campuran rempah dan cabe yang disebut shichimi atau telur ayam mentah sesuai selera. Tidak pakai juga tidak apa-apa.

Silahkan menikmati dan semoga bermanfaat.