Wednesday, March 20, 2013

Tsukushi si rumput liar

Makino Tsukushi (Hana Yori Dango)
Mungkin para pembaca mengenal pemeran utama dorama Hana Yori Dango yang bernama Makino Tsukushi. Dia sering disebut si "rumput liar", karena keberaniannya dan semangat hidupnya dalam menghadapi segala tekanan baik dari F4 maupun dari segi perekonomian keluarganya.

Tapi tahukah anda, bahwa Tsukushi itu sebenarnya adalah nama jenis rumput liar yang tumbuh di Jepang hanya pada musim semi saja?
Tsukushi (土筆)
Equisetum arvense adalah nama latinnya, bisa tumbuh dengan panjang sekitar 10 cm dengan diameter 3-5 mm ini bisa dimakan lho. Karena hari ini libur SHUNBUN (hari nasional awal musim semi) saya dengan istri ketika jalan-jalan di taman, secara kebetulan melihat Tsukushi yang tumbuh dengan lebat. Karena istri saya berkata rumput Tsukushi bisa dimakan, kami mencoba memetik Tsukushi yang tumbuh di sepanjang jalan dan memasaknya.
Tsukushi yang kami petik
Bersihkan batang yang menempel 
Siap untuk dimakan
Kegiatan memetik dan memasak Tsukushi hanya ojiisan dan obaasan (kakek dan nenek), yang melakukannya. Anak muda sangat jarang sekali melakukannya. Tetapi karena Tsukushi hanya tumbuh pada musim semi saja saya dengan semangat memetiknya dan tentu saja istri saya yang memasaknya.

Cara membuatnya hanya dengan merebus, kemudian ditiriskan lalu ditumis dengan minyak goreng dan diberi souyu. Rasanya sangat enak, benar-benar sangat enak. Meskipun yang kami petik cukup banyak, tetapi setelah dimasak menjadi mengecil dan kelihatan sedikit.

Hanya saja membersihkan batang Tsukushi satu-persatu cukup memakan waktu dan merepotkan, bagaikan membersihkan kepala kecambah yang berwarna hijau.