Monday, July 15, 2013

Konser VAMPS 2013


Sebelum saya menceritakan pengalaman nonton konser VAMPS, saya akan menjelaskan siapa itu VAMPS dan band apa itu VAMPS.

VAMPS adalah sebuah band rock yang dibentuk oleh Hyde (L'Arc~en~Ciel) dan K.A.Z. (Oblivion Dust) di bawah label VAMPROSE

Vamps terbentuk dengan beranggotakan Hyde (L'Arc-en-Ciel) and K.A.Z (Oblivion Dust) pada tahun 2008. Mereka sudah bekerjasama saat Hyde's solo pada tahun 2003. Setelah beberapa tahun berkolaborasi, keduanya berhasil membentuk band mereka sendiri dengan single pertama mereka"Love Addict", release pada tanggal July 2, 2008 di bawah naungan label Vamprose ( label milik Hyde ).

Tour nasional pertama mereka, "Vamps Live 2008", bertempat di Zepp Tokyo antara 1 Agustus dan 26 Oktober 2008. Band yang masih mempunya satu lagu ini juga memainkan lagu dari Hyde's solo career. Single kedua Vamps, "I Gotta Kick Start Now", release pada tanggal March 13, 2009. Single selanjutnya, "Evanescent", release pada tanggal May 13 2009.

July 2009, Vamps melakukan tour mereka di USA "Vamps Live 2009 U.S.A. Tour". 

Mereka mengunjungi 10 kota di US dari 11 Juli - 1 Agustus. Bermula di New York, Baltimore, two Warped Tour 2009 shows (Hartford & Columbia), Portland, Seattle, San Francisco, Las Vegas, San Diego, dan berhenti di Los Angeles. Mereka menggadakan konser finale tambahan di Pearl Harbor, Oahu, Hawaii diatas battleship USS Missouri pada tanggal 19 September. 

10 Juni 2009, Mereka meriliskan album mereka meriliskan album debut mereka, Vamps, diikuti oleh single keempat mereka, "Sweet Dreams", pada tanggal 30 September.

31 Januari 2010, Vamps masuk dalam penghargaan "Billboard Japan Ranking International 2009" award ini berikan karena atas upaya keberhasilan mereka menyelanggarakan tour di US. Setelah DVD US tour release pada tanggal 17 Maret, mereka meriliskan juga single "Devil Side" pada 12 Mei. 

Single keenam mereka, "Angel Trip", release pada 9 Juni, diikuti album kedua mereka, Beast, pada 28 Juli.

Musim gugur 2010, Vamps memulai tour international pertama mereka. Negara-negara yang dikunjungi adalah: Taiwan, United States, Spain, France, China and Chile. Single ketujuh mereka, "Memories",release pada tanggal 15 Desember 2010, dengan "Get Up -Japanese Ver.-", yang merupakan versi alternatif dari "Get Up" yang menerjemahkan beberapa lirik inggris kedalam bahasa Jepang dan digunakan dalam anime Bakuman.

Nah pada pada tanggal 3 Juli 2013 kemarin, mereka launching single terbaru mereka yang berjudul "Ahead" dan "Replay".

Bagi yang mau dengar single VAMPS terbaru yang berjudul AHEAD bisa lihat disini neh.

========================================================================

Di Zepp Nagoya sendiri, konser VAMPS diadakan 5 kali, yaitu tanggal 7,10,13,14 dan 16 Juli.

Minggu tanggal 14 saya nonton LIVE VAMPS 2013 di Zepp Nagoya. Pintu masuk dibuka pada jam 18.00, tapi saya berencana berangkat dari Gifu jam 14.30. Ya, karena saya dan teman saya yang mengajak saya tidak tahu lokasi Zepp Nagoya jadi kami berangkat lebih awal.

Harga tiket VAMPS cukup menarik karena VAMPS itu sebenarnya singkatan dari VAMPIRE, sehingga lambang mereka 666. Harga tiket pun 6.660 yen, dan konser dimulai jam 7:06, yang dijadikan countdown saat konser akan segera dimulai menjadi jam 6:66. Sekedar informasi 666 itu lambang atau simbol dari Setan.
Tiket konser VAMPS
Sekitar jam 15:30 saya tiba di Zepp Nagoya, saya melihat truk trailer bergambar VAMPS yang biasanya berisi alat-alat musik dan sound system dari band VAMPS, dan di depan pintu masuk dijual merchandise band VAMPS. Teman saya membeli beberapa merchandise, saya tidak beli karena memang tidak ada merchandise yang menarik di mata saya. Tetapi teman saya membelikan saya handband sebagai hadiah karena menemani dia nonton VAMPS. Sebenarnya teman saya beli tiket 2, untuk temannya, tetapi karena temannya tidak bisa datang, daripada tiketnya terbuang percuma, saya diajak menggantikan temannya.
Truk trailer VAMPS
ZEPP Nagoya yang berkapasitas 1800 orang
Kotak hadiah dari fans untuk artis
yang tentunya Hyde paling banyak dapat hadiah disusul KAZ
Stand Merchandise
Penggemar VAMPS sedang berkumpul di depan pintu masuk
Denah lokasi ZEPP Nagoya 
Penggemar VAMPS menunggu giliran masuk ZEPP Nagoya

Tiket untuk masuk ternyata ada urutannya, urutan saya A338, jadi lumayan bisa dapat tempat paling depan di konser yang formatnya ALL STANDING (tidak ada kursi, semua berdiri). Setelah pintu masuk dibuka pada jam 18:00, semua penggemar masuk dengan tertib dan rapi sesuai nomor urut yang disebut oleh panitia penyelenggara. Di depan pintu masuk setelah menunjukkan tiket, diwajibkan membayar 500 yen untuk mendapatkan koin untuk ditukarkan dengan minuman.

Tempat antrian saya 
Antrian saya
Koin yang dapat ditukar dengan minuman
Setelah masuk, ada pemeriksaan tas. Karena dilarang membawa video kamera untuk merekam. Perlu diketahui tidak seperti di Indonesia dan di negara-negara lainnya. Di Jepang, dilarang mengambil foto dan merekam video selama konser berlangsung. Mungkin hal ini dikarenakan ketakutan sang artis dimana foto dan video yang penggemar ambil, dijual dan dipublikasikan untuk mendapatkan keuntungan pribadi, sehingga artis tidak mendapatkan royalti apa-apa.

Saya masuk jam 18:45, dan mendapat posisi sekitar 6 meter dari panggung. Countdownpun dimulai, akhirnya pada jam 6:66 konser dimulai di layarpun ada lambang pentagram dan sinar laser pun bersinar gemerlapan. Hyde yang kemudian muncul, memperlihatkan matanya yang bersinar hijau sama dengan warna lampu laser, Hyde benar-benar seperti Setan deh. Drum pun menggema, dan lagu-lagu rock energik pun mulai dimainkan. Penampilan Hyde sama persis seperti di video klip dan iklan Sony Xperia Smartphone.

Ini pertama kali saya nonton konser di Jepang, dan benar-benar merasa puas sekali. Karena konser ROCK dan ALL STANDING ditambah lagi penggemar Hyde banyak yang cewek, jadi beruntung bagi saya karena bisa loncat-loncat, senggol-senggolan, tentu saja body touch dengan cewek-cewek Jepang, sampai ada cewek yang digendong dan digelindingin di atas kepala saya. Istilah Jepangnya "Zenzen CHIKAN dekiru yo!!".

Selama konser berlangsung saya juga berhasil maju mendekati panggung sambil loncat-loncat, sampai dengan jarak 3 meter dari Hyde. Saran saya kalau nonton konser ALL STANDING, jangan lupa pakai sepatu boot supaya tidak terinjak kaki sama orang. Kesalahan saya, saya pakai sandal, jadi sakit semua kaki karena terinjak.

Meskipun dilarang ambil foto dan video, akhirnya saya nekat ambil foto ketika Hyde berada di lantai 2 memainkan gitar di bangku penonton. Ketika mencoba mengambil foto kedua, tangan saya diturunkan sama cewek di belakang saya yang juga sedang menonton. Ya, memang ga boleh, gomen nasai. Karena malu dan jadi omongan sama cewek yang nurunin tangan saya, akhirnya saya mundur kembali ke jarak 6 meter dari panggung.


Ini satu-satunya foto yang saya ambil selama konser berlangsung

Berikut foto yang diambil oleh Staff Vamps saat konser di Zepp Nagoya berlangsung, foto ini saya ambil dari Official FB Page Vamps









Konser berakhir tepat jam 21:00, benar-benar menguras tenaga dan keringat. Tapi hanya satu kata yang bisa saya katakan, PUASSSSSSS...