Sunday, May 4, 2014

Omikuji


Liburan GW (Golden Week), saya jalan2 di Osu Nagoya, dan menyempatkan berkunjung ke kuil Osu Kannon sekalian mengambil omikuji. 

Apakah sahabat KdJ tahu apa itu omikuji dan pernah mencobanya?

Omikuji adalah kertas ramalan yang menceritakan ramalan kita di masa yang akan datang, ramalan ini biasanya berupa keberuntungan, karir di masa yang akan datang, keluarga, kesehatan, waktu yang tepat untuk bepergian, dan sebagainya. 

Di kuil ini biasanya ada laci-laci
kotak yang tersimpan omikuji, hanya memasukkan uang 200 yen (dulu 100 yen), ke "kotak amal"  lalu kita mengambil ambil kertas di dalam kotak. Di kertas tersebutlah kita dapat baca apa yang jadi ramalan kita di masa yang akan datang.


Pada dasarnya isinya terbagi menjadi

大吉 - Daikichi - Excellent luck (biasanya orang jepang langsung pergi judi atau beli lotre)
吉 - Kichi - Good luck
中吉 - Cyukichi - Fair luck
小吉 - Syokichi - A little luck
半吉 - Hankichi - Semi-good luck
末吉 - Suekichi - Uncertain luck
末小吉 - Suekokichi - Uncertain but a little luck
凶 - Kyou - Bad luck (Misfortune)
小凶 - Syokyou - A little misfortune
半凶 - Hankyou - semi-misfortunate
末凶 - Suekyou - Uncertain misfortune
大凶 - Daikyou - Certain disaster (consider buying a karmic life insurance policy)

Kalau mendapatkan ramalan baik, biasanya dibawa pulang. Kalau tidak baik diikat di pohon atau pilar kuil, yang kemudian pada awal tahun akan dibakar oleh pendeta kuil. Orang Jepang percaya bila dibakar ketidak beruntungan mereka akan musnah.







Saya mendapatkan 末吉 Suekichi (uncertain luck), jadi saya ikat saja omikuji saya. :)