Monday, July 29, 2013

Gifu Hanabi Taikai

Gifu Hanabi Taikai atau dalam bahasa Indonesianya Festival Kembang Api Gifu, diadakan pada tanggal 27 Juli 2013 dan 3 Agustus 2013.

 Lho kok 2 kali?

Memang, untuk tanggal 27 Juli itu yang memsponsori dari koran Chuunichi Shinbun (中日新聞), sedangkan untuk yang tanggal 3 Agustus yang mensponsori dari koran Gifu Shinbun (岐阜新聞) di tempat yang sama yaitu di Sungai Nagara, dan dengan jumlah kembang api yang sama 30.000 kembang api.

Nah, saya datang yang tanggal 27 kemarin, karena menurut gosip yang ada, punya Chuunichi Shinbun lebih besar dan menempati rangking nomer 1 untuk wilayah Toukai Chihou (東海地方). (sumber)

Setelah selesai kerja, langsung saya tancap pedal pulang ke rumah, ganti baju, makan, langsung berangkat menuju sungai Nagara dengan sepeda. Kalau dibilang dekat ya nggak, kalau dibilang jauh juga nggak, naik sepeda kira-kira 40 menitan lah. Hanya saja, karena Sungai Nagara kalau dari apartement saya ada di balik gunung, jadi harus mendaki gunung dan turun gunung deh. "USO dake dayo", hahaha.. Tidak sampai mendaki gunung, karena ada terowongan yang melewati dibawah gunung.

Sesampai di Sungai Nagara kira-kira jam 19:25, saya telat 5 menit, karena acaranya dimulai jam 19:20. Banyak sekali orang-orang yang berdatangan baik dengan sepeda, jalan kaki, dan mobil. Merekapun banyak yang memakai pakaian tradisional Jepang untuk musim panas yang disebut Yukata.  Yatai (warung kaki lima) pun banyak, ada yang jualan kara age, yaki soba dan lain-lain.



Banyak orang yang tiduran di atas tikar di dekat sungai Nagara, ada orang yang lihat kembang api sambil mesra-mesraan dengan pacar, ada pula yang dengan keluarga, benar-benar suasana musim panas yang mengesankan deh. Saya memutuskan untuk lihat di pinggir sungai di bawah jembatan karena ada teman Indonesia juga yang datang untuk melihat Hanabi.



Hanabi bentuk hati


Semakin malam Hanabi yang diluncurkan pun semakin besar dan indah. Dan akhirnya hanabi selesai jam 20:45. Ini pengalaman Hanabi yang pertama saya di Jepang, benar-benar mengesankan deh.

Saran saya kalau lihat hanabi, bawa tikar supaya bisa lihat hanabi sambil tiduran, kalau bisa datang lebih awal supaya dapat tempat yang enak dan strategis, dan yang penting bawa camilan.