Tuesday, June 11, 2013

Juu Roku Ginko

Karena kerjaan lagi senggang, hari ini saya diliburkan, saya sempatkan untuk membuat account bank di Juu Roku Ginko (十六銀行). Juu Roku Ginko merupakan bank lokal wilayah Gifu. Kenapa saya memilih Juu Roku Ginko, ya karena saya berdomisili di Gifu dan bank nya dekat dengan rumah saya.

Syarat untuk membuat account, hanya menunjukkan ID Card saja, atau bisa dibilang Residence Card dan Inkan. Begitu saya masuk bank, mengambil nomer antrian, dan setelah dipanggil. Saya agak kaget karena yang diminta bukan Residence Card, melainkan Hokensho (保険証) atau Kartu Asuransi. Padahal saya sudah siap-siap keluarin Residence Card, tapi untunglah saya selalu bawa Kartu Asuransi di dompet saya. Memang sih, untuk orang Jepang ID Card mereka itu Kartu Asuransi dan SIM saja, tidak ada yang namanya KTP seperti Residence Card.

Setelah mengisi formulir permohonan dan membubuhkan inkan, akan disuruh memilih design kartu ATM atau IC cash card, yang akan jadi dan dikirim ke rumah melalui via pos kira-kira 10 hari setelah membuat account. Setoran awal untuk membuat account paling minimal 1 yen, sedangkan setoran awal yang saya masukkan 5000 yen.

Setelah menunggu sekitar 15 menit, akhirnya saya dipanggil kembali ke counter untuk mengambil buku tabungan dan memilih casing untuk buku tabungannya. Ada sekitar 8 pilihan casing, tapi akhirnya saya pilih yang hitam.




Petugas bank yang melayani saya
Nomer antrian
Untuk pengambilan uang di ATM Juuroku ginko, dan di konbini Seven Eleven, Mini Stop dan Family Mart tidak akan dikenakan biaya administrasi. Dan untuk menabung di ATM bisa menggunakan kartu atau buku tabungan. Penasaran juga bagaimana caranya nabung di ATM pakai buku tabungan ya. Nanti akan saya coba deh..

Buku tabungan saya
Kartu ATM saya jadi setelah 10 hari
karena saya tidak ada di rumah, jadi saya ambil di kantor pos pusat Gifu


Daftar Bank di Jepang ===> klik di sini