Thursday, April 24, 2014

Kecelakaan Kerja



Beberapa hari yang lalu waktu bekerja tak sengaja jari saya terjepit mesin. Karena berdarah cukup banyak, saya diantar orang perusahaan ke rumah sakit. Setelah dicek rontagen, hasilnya jari manis saya mengalami patah tulang, dan mengalami 7 jahitan untuk memberhentikan pendarahan. 

Biaya dokter, operasi kecil dan obat sekitar 15000 yen. Dan saya tidak membayar sepeserpun. Dan besok saya ke rumah sakit untuk ke tiga kalinya untuk perawatan berkala, dan biayanya pemerintah yang menanggung.

Mengapa?

Jika sahabat KDJ bekerja di jepang dan mendapatkan kecelakaan waktu bekerja atau kecelakaan pada waktu berangkat atau pulang kerja, sahabat KDJ tidak perlu membayar biaya dokter, obat dan perawatan di rumah sakit karena pemerintah yang membayarnya.

Ini dinamakan " 労災 Rousai " , 労働者災害補償保険 artinya, "Asuransi untuk kecelakaan kerja". 

Rousai tidak hanya mencover biaya medis, tetapi juga 80% gaji sahabat KDJ, bila tidak bisa bekerja karena cedera dan tidak dibayar perusahaan.

Saya dan teman saya yang bekerja di departemen tenaga kerja jepang bisa membantu untuk mengurus rousai bila perusahaan sahabat KDJ bertindak sewenang wenang.

Dengan catatan, sahabat kdj masuk dan ikut asuransi shakai 社会保険(shakai hoken).