Saturday, September 21, 2013

Budaya memakai kaos kaki

Foto hanya ilustrasi

Hal yang menarik untuk dibahas karena kebiasaan orang Jepang memakai kaos kaki sangat berbeda dengan negara lainnya. Seperti waktu saya di Indonesia, setelah memakai kaos kaki pada hari ini, saya pasti memasukkan kaos kaki ke dalam sepatu untuk di pakai keesokan harinya.

Hal ini sangat berbeda dengan kebiasaan orang Jepang yang selalu mengganti kaos kakinya setiap hari, dan terkadang membawa kaos kaki cadangan saat pergi kerja, karena bila saat pulang kerja ada acara Nomikai (acara minum2 selesai bekerja dengan rekan kerja), mereka mengganti kaos kakinya dengan kaos kaki yang baru.

Karena tidak ingin mengganggu orang lain dengan bau kaki tak sedap. Apalagi kalau dibilang sama atasan (bos), "bau kepiting rebusnya siapa ini". Tentu sangat malu dan harus minta maaf.

Pada saat saya pertama kali ke Jepang, seperti kebiasaan orang Indo lainnya, setelah pakai kaos kaki saya taruh di sepatu untuk dipakai esok harinya. Saya dimarahi istri saya, katanya ngapain ditaruh di sepatu, masukkin ke mesin cuci!! Sehari gantii! Busyet dah..  Galaknya minta ampun..

Sampai sekarang kaos kaki saya bisa dibilang jumlahnya lebih banyak daripada kaos oblong saya.