Sunday, August 18, 2013

Nagashima Spa Land

Liburan musim panas saya dimulai dari tanggal 14 Agustus sampai 18 Agustus, saya menyempatkan diri untuk bertamasya ke Fuji Safari Park (16/8) dan Nagashima Spa Land (17/8).

Nah saya kali ini akan bercerita tentang pengalaman saya ke Nagashima Spa Land, yang terkenal mempunyai wahana Jet Coster "New Steel Dragon 2000" dengan trek terpanjang di dunianya. Nagashima Spa Land ini terletak di kota Kuwana, Prefektur Mie, Jepang.

Berangkat dari rumah jam 6 pagi menggunakan kereta menuju ke stasiun Nagoya, yang kemudian oper naik bus Meitetsu jurusan Nagashima Spa Land. Saya beli tiket di terminal Bus Meitetsu untuk paket bus pp, tiket passport untuk bebas main wahana sepuasnya dan masuk kolam renang dengan harga 7,300 yen.

Harga paket Nagashima Spa Land di terminal Bus Meitetsu Nagoya
Loket pembelian tiket di terminal Bus Meitetsu
Tiket bus pp, wahana, dan kolam
Berangkat dari terminal Meitetsu Bus Center jam 7.45 (padahal jadwal keberangkatan jam 8, mungkin disebabkan banyaknya penumpang yang menuju kesana), perjalanan dengan bis sekitar 45 menit dan sampailah saya di Nagashima SPA Land sekitar jam 8.30.

Setelah keluar dari bis saya langsung masuk dan menukarkan tiket yang saya beli di Terminal Bus Meitetsu di pintu masuk dengan gelang passpor untuk naik wahana apa saja dan sepuasnya.
Gerbang Barat Nagashima Spa Land
Gelang passport untuk naik wahana sepuasnya
Begitu masuk gerbang, saya langsung menuju ke wahana Jet Coaster New Steel Dragon 2000 (istilahnya pagi-pagi sarapan Steel Dragon.. haha..). Yah, predikisi istri saya, pada pagi hari antrian untuk wahana Steel Dragon dan lain-lain masih sepi, karena musim panas, semua orang pasti menuju ke kolam renang. Memang benar prediksinya, begitu masuk pintu gerbang banyak sekali orang-orang yang membawa pelampung dan baju renang menuju ke kolam renang, bukan ke wahana permainannya. Jadi saya mengantri hanya sekitar 10 menit untuk menaiki New Steel Dragon 2000.

Panjang trak 2479 meter (terpanjang di dunia)
Puncak tertinggi 97 meter (tertinggi di Jepang)
Trak turun terpanjang 93,5 meter (terpanjang di Jepang)
Kecepatan tertinggi 153 km/jam
Foto yang saya ambil dari Ferris Wheel atau kincir ria

Karena sudah niat, jadi saya tidak takut naik. Hanya saja pada waktu Jet Coaster naik ke atas, kemudian saya lihat ke bawah.. Luar biasa ngerinya, tinggi sekali. Apa boleh buat sudah naik, ga bisa batal kan... Oh ya saya lupa bilang, kalau saya barisan nomer 2 dari depan. Pertama kali naik Steel Dragon dapat barisan nomer 2? Gila bukan? untung bukan nomer 1. Fiuhh..

Begitu turun, seperti jatuh dari langit, adrenalin saya naik, perasaan takut dan senang bercampur jadi satu. Benar-benar perasaan yang luar biasa. Awalnya ada tiga tanjakan tinggi dan turunan tajam, di situlah letak klimaks kengerian dan kesenangan yang ada, kemudian berlanjut dengan tikungan, dan terowongan gelap (karena tidak kelihatan apa-apa, cukup takut juga) yang kemudian setelah keluar dari terowongan tiba-tiba turunan tajam. Mampus dah mampus.. Hahaha.. Benar-benar sensasi yang luar biasa deh, saya naik 2 kali..  Sensasi naik New Steel Dragon bisa diihat di sini.

Ekspresi saya naik Steel Dragon
Setelah naik New Steel Dragon 2000, lanjut ke Jet Coaster kedua terbesar di Nagashima Spa Land, yaitu White Cyclone. Sebelum saya naik ada gadis kecil usia sekitar 9 tahun setelah naik wahana ini, hidungnya mimisan keluar darah. Entah karena berteriak terlalu keras hingga uratnya putus atau apa saya kurang tahu. Tapi crew dengan sangat tanggap dan cepat membantu dan menolong gadis kecil tersebut. Setelah saya coba naiki, ternyata tidak senyaman Steel Dragon memang, karena banyak sekali goncangan di kereta, sampai badan sakit semua. Tapi untuk traknya tidak kalah menegangkan dengan Steel Dragon, hanya saja seperti yang saya bilang kursinya tidak nyaman.

Pintu masuk wahana

Saya foto White Cyclone dari kincir ria
Setelah naik White Cyclone, saya istirahat sebentar dari permainan ekstrem ini. Hampir pingsan saya, meskipun sudah turun Jet Coaster tapi tubuh masih serasa melayang-layang di udara. Beli sebotol Aquarius seharga 200 yen (mahal banget neh, biasanya 150 yen), kemudian duduk sebentar dan naik kincir ria. Di atas kincir ria, saya sempatkan untuk mengambil gambar dan video Nagashima Spa Land dari atas yang sangat indah sekali.

Kincir Ria
Tampak atas Nagashima Spa Land

Setelah naik kincir ria, saya naik beberapa dari Jet coaster yang tidak begitu tinggi dan besar bila di bandingkan dengan Steel Dragon dan White Cyclone, tapi dengan rotasi 360 derajat.

Di antara permainan yang lain saya paling takut dengan permainan Shuttle Space dan Giant Freesbe. Entah mungkin karena tidak ada teman untuk naik atau apa, saya tidak berani.
Tolong donk paksa dan seret saya, agak malu juga soalnya berani naik Steel Dragon tapi ga berani yang ini.. hahaha..

Space Shuttle

Giant Fresbee
Jam 12 lebih, saya makan siang di Restoran yang ada di dalam Nagashima Spa Land, dengan menu paket Ramen dan nasi goreng sebesar 950 yen.

Restoran tempat saya makan siang
Menu makan siang saya
Setelah makan siang, karena kekenyangan saya jalan-jalan sebentar dan duduk santai di taman, dan sesekali naik wahana yang tidak begitu ekstrem tapi santai.

Viking

Rumah hantu, lumayan serem lho dalamnya.
Tepat jam 2 siang, karena sudah keringatan, akhirnya saya memutuskan untuk masuk ke kolam renang Nagashima (Janbo Kaisui puru). Luar biasa pengunjungnya lebih banyak daripada wahana bermainnya. Setelah masuk gerbang, saya ganti pakaian renang, dan memasukkan barang-barang ke loker dengan biaya loker 400 yen, sebenarnya sih cuman 300 yen, karena prosesnya seperti ini, masukkan koin 100 yen kedalam loker 4x, dan bila pulang 1 koin 100 yen akan keluar lagi.

Gerbang menuju kolam renang
Setelah itu langsung tancap ke kolam renang, banyak yang bawa pelampung supaya bisa tidur-tiduran di kolam. Banyak sekali juga wanita muda Jepang yang menggunakan bikini, arrrggggg.. hidung saya mimisan moncrot keluar darah, bukan karena kepanasan atau apa. Tapi karena banyak "oppai" dimana-mana.. hahaha..

Oh ya, kolam renang ini airnya, air laut. Jadi jangan kaget kalau rasanya asin, bukan karena banyak orang Jepang yang kencing di kolam, tapi memang kolamnya air laut.

Pada awalnya saya agak merasa aneh, kenapa kok tidak ada yang di kolam. Semuanya pada di pinggir kolam. Ternyata pada waktu itu 'kyuukei' atau istrirahat. Kalau tidak salah setiap 1 jam atau 1 jam 30 menit sekali pengunjung di suruh 'kyuukei' oleh crew kolam renang supaya tidak berada di dalam air selama 10-15 menit. Tapi 'kyuukei' ini tidak berlaku buat yang naik prosotan atau slide.

Setelah capek main air, jam 5 kurang saya keluar dari kolam, dan beli oleh-oleh untuk keluarga. Setelah beli oleh-oleh, sebenarnya ingin naik Steel Dragon yang terakhir kalinya, tapi begitu sampai di gerbang Steel Dragon antrian menunggu sampai 90 menit. Yah, karena takut ketinggalan bis terakhir jadi saya tidak jadi naik Steel Dragon yang terakhir kalinya dan melewatkan Hanabi Taikai yang dimulai jam 8 malam.

Oleh-oleh Oppai purin dan Kue Hello Kitty edisi Steel Dragon
Bye Bye Nagashima SPA Land
See you next summer maybe :)