Monday, April 29, 2013

Iron Man 3 4DX

Film ‘Iron Man 3′ telah diputar sejak Jumat (26/4/2013) di bioskop Jepang. Menariknya, film ini jadi film PERTAMA yang akan ditampilkan dalam format 4DX.

‘Iron Man 3′ tampil dalam format 4 dimensi berkat pengoperasian oleh ‘Korona World’ yang berencana merancang 12 film dalam format baru setiap tahunnya. Teknologi 4D adalah sistem yang disertai oleh efek cahaya dan peralatan yang diletakan di atas penonton.

Sehingga, penonton film dapat merasakan ketika ada gelembung yang jatuh langsung ke hadapannya. Teknologi ini juga dilengkapi dengan kursi yang dapat bergerak, efek bau-bauan, angin juga kabut.


Pada hari Minggu (28/4/2013) saya berkesempatan untuk menikmati film Iron Man 3 (4DX)(3D) ini. Karena 4DX adalah teknologi terbaru, belum semua bioskop di Jepang terdapat teknologi ini. Yang saya tahu hanya ada di KORONA WORLD, yang kalau di Nagoya terletak di 名古屋市中川区江松丁目110番地 (Nagoya shi nakagawa ku ematsu 3 tei me 110 banchi). Untuk tempat lain lebih jelasnya bisa dilihat di website resmi Korona World atau bisa di search di Google.


Korona World Nagoya
Pemutaran perdana Teknologi 4DX di Jepang
Berangkat dari Gifu jam 9 dan tiba di Nagoya Eki jam 10, kemudian naik bis ke Korona World tiba jam 10:35, saya berencana nonton show ke 2 jam 11:55. Tapi sayangnya tiket sudah habis, dan hanya tersedia show ke 4, 5 dan 6 saja. Jadi terpaksalah saya beli tiket show yang ke 4 yaitu jam 17:45. 

Harga tiket dibagi jadi 2 macam yaitu, tiket untuk (4DX) (2D) sebesar harga tiket masuk biasa + 1000 yen, sedangkan untuk yang (4DX)(3D) sebesar harga tiket masuk biasa + 1300 yen sudah termasuk kacamata 3D. Karena hari Minggu, harga tiketnya 1500 yen, dan saya ambil yang (4DX)(3D) plus 1300 yen, jadi totalnya 2800 yen.
Tiket counter dan Food&Drink counter
Tiket sebelah kiri akan disobek dan diminta oleh petugas bioskop pada waktu masuk
dan yang sebelah kanan saya bawa.
Sambil menunggu dan menghabiskan waktu, saya bermain di area Game Center, baca manga sambil ketiduran di Rest Roomnya Pachinko, makan siang di konbini yang terdapat di dalam area Korona World. 

Setelah mendekati jam pemutaran film saya menuju ke cinema 2 tempat pemutaran film, dan masuk ke dalamnya.
Penyerahan tiket masuk
Cinema 2 Iron Man (4DX)(3D)
Kacamata 3D 
Kursi 4DX yang bisa goyang, mengeluarkan percikan air dan angin
Petugas bioskop sedang menerangkan teknologi 4DX
dan melarang untuk menaruh minuman&makanan di kursi dan dibawah kursi
 
Yap, inilah IRON MAN 3.. hehe
Cara penggunaan kacamata 3D tepatnya
Awalnya saya agak takut, karena begitu film Iron Man dimulai, kursi langsung bergerak naik ke atas sedikit (kaya mau take off pesawat aja). Tapi 4DX benar-benar luar biasa dan mencengangkan. Ketika rumah Tony Stark ditembaki dan dihancurkan oleh musuh, efek peluru terbang sangat terasa karena terasa ada angin kencang yang bertiup dari kursi dan kursi bergetar kencang seperti ledakan benar-benar terjadi. Asap pun muncul di depan layar dan lightning di kiri kanan ruangan pun ikut menyala sehingga benar-benar seperti berada di dalam film. Dan ketika Iron Man masuk dan tenggelam ke dalam air pun, ada percikan air yang menyemprot sehingga muka dan baju saya basah. Apalagi waktu Iron Man menyelamatkan orang-orang yang jatuh dari pesawat, sungguh menegangkan dan benar-benar "real".

Kesimpulannya, teknologi 4DX ini seperti teknologi yang diterapkan di wahana 3D-nya Tokyo Disneyland dan Universal Studio Jepang. Sungguh era baru dalam menonton film.

Lebih jelasnya untuk teknologi 4DX mungkin bisa dilihat di iklan Korona World di YouTube